17 Januari 2008

Tiga Babak

Adik tertua (belum punya blog), empat hari lalu sempat minta tolong agar Acer 4715z barunya dapat segera 'dikuliahi' malam itu juga, semalam suntuk katanya (ingat servis komputer, ingat zaman ngekost dulu). Tahap-tahap yang harus dilakukan lumayan simpel, ada partisi hardisk, format, instalasi OS, instalasi driver, juga instalasi software. Karena alasan kemudahan dan kemurahannya maka OS yang dipilih kali ini adalah Win XP Professional (sssstt... gratis!).

Babak Pertama. Untuk kesekian kalinya dan seperti biasanya (halah...!) proses partisi-pasi hardisk menjadi tiga bagian berjalan dengan sukses. Begitu pula dengan format-isasi hardisk yang akhirnya juga berujung sukses. Bagaimana dengan instalasi OS? Lancar selalu. Berikutnya giliran instalasi driver yang juga berbuah keberhasilan meski sempat macet karena salah satu installer tidak sesuai dengan spek si Laptop (kok bisa ya...?). Bagaimana dengan instalasi software? Besok saja, sekarang sudah ngantuk. Hei... tapi kenapa 4715z-nya tidak bisa dimatikan dengan damai? Mana lagi tombol "Stand by" (biasa bersanding dengan "Turn Off" dan "Restart") jadi abu-abu alias nonaktif???

Babak Kedua. Besoknya ba'da ngantor, acara 'kuliah' bersama si Laptop kembali berlanjut. Tak ingin lemas karena busung lapar, kali ini ada mie instan dan kopi susu yang siap diserbu kapan saja. Setelah percobaan pembunuhan pada 4715z berkali-kali gagal, asumsi praktis yang pertama kali muncul adalah OS-NYA RUSAK... lalu... FORMAT ULANG... lalu... feeling so bad...! Setelah langkah-langkah di babak pertama terlewati (masih berbonus gagal mati), sekarang malah sound yang jadi bisu... ADUH... eh, VGA-nya juga... ^&@%#$@^%^&*#...! Singkat cerita, FORMAT ULANG LAGI. Ampun... sekarang dosis formati-sasi jadi 3 x 2 hari. Hasil akhirnya? Kondisi sound sudah sangat sehat sekali tapi 4715z tetap tidak bisa beristirahat dalam damai (rest in peace) plus tombol "Stand by" yang masih tetap nonaktif.

Babak Ketiga. Besoknya lagi, dalam kondisi kebingungan berkepanjangan (dari pagi sampai sore) mbah Google datang bak pahlawan yang siap membantu. Dari googling dengan kata kunci "laptop gagal shutdown" ditemukan sebuah forum yang menyebut-nyebut webcam sebagai biangnya. Soal tombol "Stand By" yang nonaktif, Google dengan kata kunci "tombol standby hilang" berhasil menemukan forum serupa yang menuduh ketidakcocokan driver VGA sebagai penyebabnya. Setelah dicek ulang ternyata Acer 4715z mengharuskan pemiliknya menggunakan Vista. Terbukti dari CD driver si Laptop yang di dalamnya tertulis jelas "Vista"..... googling driver lagi... ALAMAK... eh, flashdisku mana ya... HILANG... ADUH... ^&@%#$@^%^&*#...!

14 komentar:

  1. walah..gaptek, mas..ngga ngerti...cuma ngerti kopi susu nya aja...kekeke...

    BalasHapus
  2. Kalo gitu kopi susunya diambil aja Mbak. Gak papa, masih anget kok...:)

    BalasHapus
  3. Ketinggalan di warnet pas download driver. Yang jelas... beli lagi......!

    BalasHapus
  4. wuehehehe.....nge-format komputer jadi kayak aturan minum obat gitu. he..he..

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah.... ternyata plesdisnya ketemu. Plesdis yg baru beli kemarin diapakan ya???? Ada yg minat.....:)

    BalasHapus
  6. Wah..akhirnya bisa masuk ke form komentar!. Kang, umumnya emang notebook sekarang yang bawaannya Vista, kalo ada AHCI controller, itu kagak bisa diinstal mulus pake XP. Ini alamat yang bagus untuk donlot driver. (atau dah ketemu di simbah Google,kan?)
    http://www.khairilthegreat.web.id/2007/11/driver-acer-aspire-4715z-windows-xp.html

    BalasHapus
  7. Trims, udah ketemu kok. Ya, akhirnya jadi pembajak lagi... :) Ingin sih belajar open SUSE tapi cd-nya belum datang.

    BalasHapus
  8. mbah google emang mantep :) hehe...flashdisknya buat saya aja hehe..punya saya kemaren ke cuci T.T

    BalasHapus
  9. windows kok gratis :D

    walah, googling kok flashdisk jd ilang, gimana ceritanya tuh??

    BalasHapus
  10. Klo cuman Windows sih tinggal 'burn image' aLe... ups...!
    Ya itu, flashdisknya ketinggalan di warnet pas lagi nunggu download (tidur maksudnya....:D)

    BalasHapus
  11. Sampai 3 babak yaa..
    babak yg melelahkan bro :D

    BalasHapus
  12. Hayoo...Vista ne bajakan yo?...
    Flasdisk aku siap nampani....
    clorot.....!!!

    BalasHapus
  13. Aq durung nduwe vista, yo tak instal ae karo XP (.....bajakan)
    flesdise wis tak ke'no misananku je, sori... :D

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya.