31 Juli 2008

Ijo Abang

Mendadak semua orang membicarakan Jombang. Tidak hanya ulasan via media mainstream, sejumlah media digital semacam portal berita, blog, maupun milis, masing-masing turut membahasnya dari sudut pandang yang hampir sama. Bahkan seorang teman sempat berujar bahwa saat ini Jombang lebih tenar daripada pulau dewata. Sedikit hiperbolik memang, tapi belum tentu valid.
"Dari mana asalnya Mas?"
"Saya asli Jombang"
"Tetangganya Ryan?"
"Itulah. Sebenarnya, jika dikupas lebih jauh nama Jombang sendiri berasal dari dua suku kata berbeda yaitu ijo dan abang. Yang ijo sampeyan pasti sudah tau sendiri, ada Gus Dur, Cak Nun, Nurcholis Majid, KH. Wachid Hasyim, KH. Hasyim Asy'arie dan kawan-kawan seperjuangannya. Lha yang abang, tentu sampeyan sudah pernah dengar nama Sumiasih (bukan Sumiarsih), Ryan dan sebangsanya."
"Trus, sampeyan masuk kategori mana Mas?"
"Tergantung siapa yang memandang dulu. Yang jelas, saya ya saya! Tidak selalu hijau saat kampanye partai A berlangsung, atau kuning ketika konvoi partai B lewat, terlebih jadi merah saat berada di wilayah partai C."

25 komentar:

  1. jadi bener inih kamu tetangga ryan di jombang...sering jalan bareng dunk *langsung kabur naek becak*

    BalasHapus
  2. Temannya ryan ya!!! salam buat ryan ya oom piz.

    salam cium... muahhhhhh

    BalasHapus
  3. ijo lan abang, kalo digabung jadi warna apa ?

    kalo masalah Ryan, aku gak mau komen ah.. males, sebabnya semua media sudah berkomentar.. hehehe..

    BalasHapus
  4. Wadduh ada si Ryan neh disini... hehehe...

    Wadduh gw jadi tersanjung neh masuk dalam kelompok Ijo, gw kan ijo maniak euy... wok wok wok...

    Tapi kalo bung fiz.. abang yak...

    (kaborrr pake si Jimmy...)

    BalasHapus
  5. hmm... don't get it lah... :D
    tp ryan emg jd fenomena dimana-2...

    BalasHapus
  6. fizz........ jombang memang fenomenal.jika jombang=kloaka bener kata gus dur . ibarat kloaka ayam, yang keluar dari kloaka ada ber macem2. ada telur, ada tahi ayam. kalo gus dur, cak nur,cak nun telurnya... ryan tahi ayamnya. pertanyaannya kamu itu yang mana fiz heee he ...

    BalasHapus
  7. iya ini semua gara" ryan. Fiz kenal sama dia? jangan jangan... fiz dulu clientnya Ryan yach? Hahaha.. just kidding Fiz, jangan marah ya. cuma bercanda.

    Brillie
    luphobia.com | www.movie-holic.net

    BalasHapus
  8. ya ampyuun...mencurigakan..jangan jangan oom piz bukan hanya sekedar temen ama ryan tapi jangan jangan.....

    BalasHapus
  9. wuehehehhe.....untung gak jadi korban mas wuehehhee

    BalasHapus
  10. Fiz: " Yang jelas, saya ya saya! Tidak selalu hijau saat kampanye partai A berlangsung, atau kuning ketika konvoi partai B lewat, terlebih jadi merah saat berada di wilayah partai C."

    Choby : Lha... blog mu kok ijo Fiz?

    BalasHapus
  11. Jadi ingat kata bangjo (abang ijo) = istilah lampu merah :D

    BalasHapus
  12. Tak semudah itu kita membuat dikotomi abang lan ijo Fiz, untuk memahami maknanya perlu perjuangan panjang, mulai dari filosofinya, budaya, sosial dll.

    aku yo barusan nulis-nulis tentang Ryan!!!

    BalasHapus
  13. @nita: Jadi.... sejak kapan di Amerika ada becak??? *kabur naik taksi :)
    @rizky: Ooo, ternyata kamu..........!!!!
    @whyu: Jadi Jombang kan??? :D
    @The Armstrong: Semoga si Jimmy ngadat di tengah jalan.... *kekekekeke
    @zee: Tentu tidak. Kita kan baik hati, tidak sombong dan rajin menabung...!!!! :D
    @rino: Kalo aq ngikut u aja noe. BTW u ABG (Anak Buah Gusdur) ya??? :)
    @Brillie: Hehehehe.... emangnya hombreng???
    @Rezki: Sebentar.... Mas ini wartawan infotainment ya??? Maap, NO COMMENT *langsung masuk angkot :P
    @sachroel: Kalo gitu tozzz dulu Bro...!!!
    @Chobynet: Karena blog ≠ partai. *fuih, akhirnya bisa jawab...
    @OOM: Lagunya juga ada oom, "Abang ijo lampune disko. Awak kuru mas mikir bojo loro....." Apa? Biru?? Salah ya??? *garuk2 kepala
    @JUNAEDI: Sori Kang, ada yang kurang. Dikotomi di atas merupakan penjabaran dari analisis melalui kaca mata keagamaan dan sejarah. Begitu kata para ahli...!!!!

    BalasHapus
  14. Kayaknya sih Fiz cenderung ke ijo, ya?

    BalasHapus
  15. sumiasih apa-an sih.. koq ga tau..
    *gw kuper kali ye.. garuk-garuk pala*

    BalasHapus
  16. huehehehehe iya nih jombang sampe lebih terkenal daripada surabaya :D

    BalasHapus
  17. heran, tiap kali ada berita ryan, ingetnya sama fiz jombang...

    jadi jombangnya fiz ijo atau abang ?

    BalasHapus
  18. weee...kenal sama Ryan nggak? *lari tunggang langgang

    BalasHapus
  19. berarti jombang harus say thanks to ryan..karna dengan adanya ryan, jombang jadi setenar seperti sekarang ini
    heiheihe

    BalasHapus
  20. hahahha...
    Jombang jadi terkenal nih...

    plok plok plok

    BalasHapus
  21. aku juga mengalami hal serupa....
    tapi enjoy aja....he3
    paling tidak ryan telah membawa dampak positif juga bagi jombang unutk go publik...^_^

    BalasHapus
  22. Ya, saya tahu cak Piz adalah cak Piz. Tak kan berubah karena sebuah warna, tak kan layu karena terik matahari, dan tak kan kuyup karena guyuran hujan, dan yang pasti tak kan pernah gemuk karena sebakul nasi!! tul gak?

    BalasHapus
  23. Fiz...numpang pasang info lagi ya;

    OOT:
    Bagaimanakah peran blogger dalam mengisi kemerdekaan RI??

    ikuti kontes #4 di blog saya. Siapapun boleh ikutan, gratisss…

    BalasHapus
  24. seumur-umur saya belum pernah sampai jombang. padahal moyang dari jawa timur hehe..

    BalasHapus
  25. Ryan memang menyebalkan!!!!

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya.