4 April 2007

Portal Online dan CD Interaktif ABSI


CD Interaktif ABSI. Produk gagal.

Masalah
Beberapa minggu lalu sebagian teman-teman ABSI sempat berkumpul di Ketintang Wiyata (kost Enny). Entah membahas apa, yang jelas mereka sempat bertanya (plus minta tolong) via sms kepada saya, bagaimana kalau keluarga besar ABSI dibuatkan portal online (web, blog atau semacamnya). Wah, keren. Kalau sekedar membangun web sederhana yang berbasis html tanpa embel-embel php, javascript, delphi atau bahasa-bahasa aneh yang lain mungkin saya bisa langsung turun tangan, tapi nantinya kita harus puas dengan hasil berupa sebuah web pasif yang minus unsur partisipasi secara langsung dari para pengunjung (=kurang keren, jadi mirip papan pengumuman). Bagaimana dengan blog yang saya sendiri harus membuka ensiklopedia untuk mengerti seluk-beluknya? Ternyata ada yang kurang puas, padahal jika ditinjau dari proses pembuatannya blog jelas lebih mudah dan efisien. Bagaimana kalau yahoo group (solusi dari Puji)? Yahoo group? Sepertinya pernah mendengar istilah itu ketika masih SMA dulu (akhir abad ke-20). Milis-kah? (=feeling so bad).

Solusi
Ada yang masih ingat CD Cinderamata ABSI? Sebenarnya, CD yang berisi video komentar, foto-foto dan sound track ABSI itu merupakan sebuah karya yang masih tergolong mentah (segenap tim produksi mohon maaf yang sebesar-besarnya). Karena waktu dan teknologi yang sangat terbatas, maka tim produksi belum berhasil mengintegrasikan file-file yang ada ke dalam bentuk CD interaktif, meskipun proses yang telah dilakukan telah mencapai 40%. Tidak banyak di antara teman-teman ABSI yang pernah melihat "produk gagal" ini. Terus, apa hubungannya dengan portal online? Jika memang urgen, kita bisa menggunakan "produk gagal" tadi sebagai pondasi utama portal online yang akan kita bangun, tentunya dengan sedikit polesan dan penyederhanaan pada konten yang disajikan (minus video komentar). Jika masalah portal online telah terpecahkan, bagaimana dengan nasib CD Interaktif ABSI? Kita lanjutkan saja proses produksi yang dulu sempat terhenti (dengan label "extended version" dari portal online). Soal tenaga Insya Allah ada. Teknologi hardware telah meningkat (dari P!!! processor ke Athlon dual core processor). Soal penyebaran ke seluruh anggota keluarga besar ABSI, iklankan saja di portal online (simbiosis). Tapi kalau soal biaya, ada yang punya solusi konkret?

Hasil
Hasil yang diharapkan dari wacana di atas antara lain; (1) terbentuknya portal online (berupa web, blog atau semacamnya) sebagai ajang komunikasi antar anggota ABSI dan (2) setiap anggota ABSI memiliki cinderamata berupa profil, file dan dokumentasi yang terintegrasi dalam bentuk data digital (CD Interaktif).

1 komentar:

  1. njaluk dibandani presiden karo sekjene ae, mereka kan udah pada sukses, mumpung gurung digawe nikah duite...

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya.